Senin, 08 Desember 2014

Tips Kesehatan Dalam Melakukan Perjalanan

Akhir tahun, waktu liburan sudah dekat; Tentu banyak teman yang akan melaukan perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan, persiapkan diri anda untuk tetap sehat sebelum dan sesudah perjlanan. Untuk selengkapnya, silahkan baca artikel dibawah ini.

Di era globalisasi, perjalanan antar daerah bahkan negara dapat ditempuh dengan waktu singkat. Tidak mengherankan, Traveller sekarang tidak hanya untuk berwisata, bisnis, ibadah, study dan lain sebagainya. Sebelum melakukan perjalanan, tentu kesehatan kita harus prima bahkan setelah melakukan perjalanan kita harus tetap dalam kondisi sehat tanpa penyakit apapun.



Penyakit dapat datang kapanpun dan dimana saja, termasuk ketika kita sedang dalam perjalanan. Baik perjalanan didalam negeri ataupun luar negeri, semua mempunyai risiko untuk mengalami gangguan kesehatan. Untuk penyakit menular, risiko lebih besar mungkin terjadi jika kita mengunjungi daerah wabah atau endemis kasus penyakit tertentu. Misalnya Malaria didaerah Timur Indonesia, Mers-Cov dan meningitis di timur tengah merupakan penyakit yang sedang menyebar disana atau Ebola yang sedang mewabah di Afrika.

Lalu lintas orang, barang dan alat angkut antar daerah bahkan negara yang dapat dilakukan dalam waktu singkat. Hal tersebut meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan, tanpa disadari orang-orang dari daerah tertentu, barang-barang, bahkan alata angkut menjadi ancaman yang berbahaya bagi kesehatan.
Kesehatan teramat penting dari pada hanya sekedar berwisata atau bisnis yang dapat dilakukan kapanpun. Kesehatan anda bukan sebuah keberuntungan, jangan pertaruhkan kesehatan karena “nasib” yang mujur, apalagi berspekulasi. Jangan salahkan siapapun ketika pulang liburan membawa penyakit untuk keluarga atau lingkungan anda.

Tentu berbagai gangguan kesehatan yang mengancam bukan menjadi kendala bagi anda yang ingin melakukan perjalanan. Berbagai risiko tersebut dapat dicegah jika anda lebih care  dan tidak berspekulasi dengan kemujuran anda dalam melakukan kesehatan.


Untuk itu dianjurkan bagi traveller mengetahui upaya pencegahan gangguan kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Upaya tersebut apat dilakukan dengan :
  1. Personal Hygiene yang baikPersonal hygiene atau kebersihan pribadi merupakan tindakan untuk memelihara kebersihan sehingga kondisi fisik dan psikologis sseseorang dalam keadaan sehat. Kulit yang terawat, mandi dengan bersih, kebersihan mulut, perawatan mata, hidung dan telinga, perawatan rambut, perawatan kaki dan kuku merupakan bagian-bagian dari personal hygiene.
  2. Membawa persediaan obat-obatan“Sedia payung sebelum hujan”, begitu peribahasnaya. Persediaan obat-obatan sebelum melakukan  perjalanan sangat dianjurkan. Kita tidak tahu kapan kita  kan sakit, selain itu memiliki persedian obat-obatan tentu akan menghemat biaya kita dalam melakukan perjalanan jika suatu saat kita membutuhkan obat.
  3. Menginap di penginapan dengan sanitasi yang baik. Ketika melakukan perjalanan, memilih tempat yang murah dan mudah diakses merupkan hal yang penting. Tidak kalah penting juga anda memilih penginapan yang sanitasinya baik. Tentu anda tidak ingin tidur dikasur yang terlihat bersih namun terdaoat kutu disekitar kasur anda. Air yang tidak sehat, keberadaan seranggga, Air Circullation  yang tidak bersih juga menjadi sarang penyakit.
  4. Makanan yang sehat. Tidak semua orang selera dengan menu masakan yang ada didaerah yang kita tuju. Selain menu, kebesihan makanan juga menjadi hal yang harus diiingat ketika melakukan perjlanan. entu sangat menjengkelkan ketika anda harus sakit perut atau keracunan makanan ketika melakukan perjalanan. Makanan tidak matang, dibuat dari bahan yang tidak sehat, wadah makanan yang tidak saniter serta tempat dan tenaga pengolah makanan yang tidak sehat merupakan hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk memesan makanan.
  5. Vaksinasi. Tidak melihat seberapa penting atau seberapa banyak mengeluarkan uang untuk memvaksinasi diri anda. Ketika mengunjungi daerah atau negara yang sedang terjadi wabah penyakit tertentu sudah sepantasnya kita untuk mencegah penyakit. Jangan pertaruhkan kesehatan dengan melawan bahaya yang terlihat  jelas dengan menganggap tindakan pencegahan merupakan hal yang tidak berguna.
  6. Sedia asuransi kesehatanSelain sakit, kecelakaan juga menjadi risiko bahaya ketika melakukan perjalanan. Tentu tidak terbayangkan ketika anda mengalami kecelakaan di negeri orang dan tidak memiliki uang yang cukup untuk biaya pengonatan. Kepemilikan asurani menjadi senjata ampuh untuk mencegah hal tersebut.
Tips diatas bukan menjadi penghambat untuk melakukan perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan hendaknya kita mengetahui secara pasti situasi daerah yang akan kita tuju, baik kemanan ataupun situasi kesehatannya. Tentu saja perjalanan tidak akan berjalan dengan baik ketika harus sakit dan memtuskan untuk mengakhiri perjalanan secepat mungkin. Jangan pertaruhkan kesehatan anda dengan ketidak tahuan atau bahkan menyepelekan kesehatn anda. Untuk itu persiapkan diri anda sebaik mungkin dan Be Smart Traveller !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar