Minggu, 25 Desember 2011

Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah

Labuhan Bilik, 21 tahun yang lalu; saya lahir di kota pesisir yang menjadi ibu kota kecamatan panai tengah, kabupaten labuhan batu, provinsi sumatera utara. Tumbuh dan berkembang dari keluarga yang sederhana, membuat motivasi tersendiri untuk terus memperoleh kualitas hidup yang jauh lebih baik,kualitas hidup bukan hanya masalah ekonomi, namun kemampuan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam melangkah kemasa depan.

Gambar 1 : Dermaga Sungai Kota Labuhan Bilik
21 tahun lamanya saya sudah mengenal labuhan bilik, bertambahnya waktu membuat wajah kota tua ini semakin semeraut dan seakan tidak teratur. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkembangnya maslah demografi seperti mobilitas penduduk yang cukup tinggi membuat kota tua ini kehilangan identitasnya. Kota yang kotor, bangunan yang tidak tertata rapi menambah kesan kumuh ketika kita menginjakkan kaki setiba di pelabuhan (tangkahan;Bahasa Pane). Untuk postingan berikutnya, saya akan bercerita Labuhan Bilik Panai Tengah dari aspek kesehatan masyarakat dan pengelolaan Lingkungan labuhan bilik, sesuai dengan latar belakang pendidikan.
Gambar 2 : Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Panai Tengah.
Terlihat bangunan sarang-sarang walet berdiri kokoh di sepanjang jalan pangima sudirman.saya sendiri tidak tahu,apakah bangunan2 tersebut sudah memiliki IMB atau tidak. menurut penilaian saya,terlepas dari aspek ekonomi,pendirian bangunan2 ini tidak sesuai dengan kaedah2 kesehatan dan lingkungan pemukiman diantaranya kebisingan dari suara2 recorder burung walet yang dapat mengganggu kesehatan manusia baik secara fisiologis maupun kejiwaan. pendidiran bangunan ini juga,menimbulkan potensi peningkatan kepadatan jentik nyamuk seperti aides,yang notabene hidup pada penampungan air bersih pada bangunan walet.

Geografis dan Demografi

Bagaimana Akses untuk menuju labuhan bilik?
Gambar 3 : Pulau Sikantan, Sungai Barumun, Labuhan Bilik
Kecamatan Panai Tengah,panai hilir dan panai hulu memang tidak terlepas dari tujuan pengembangan agroindustrialisasi. Besar kesempatan saya jika pulang kampoeng nanti bisa berkunjung kebeberapa perkebunan yang ada disana dan melihat kebijakan perkebunan dalam pengelolaan limbah industri.Keinginan saya ini bermula ketika menyebrang dengan Bot (Perahu bermesin) menuju labuhan bilik,saya melihat konsentrasi minyak yang berlebih dan suhu air yang tidak normal pada air sungai,hal ini menjadi indikator awal ada kerusakan lingkungan di daerah aliran sungai barumun
Kecamatan Panai Tengah terletak sebelah Timur Sumatera Utara yang terletak Lebih kurang 90 Km dari korta Rantau Perapat Kabupaten Labuhan Batu. Untuk menuju Labuhan Bilik dari medan,bisa ditempuh dengan jalur laut dan darat. Pertama, kita bisa naik bus AKDP seperti Medan Jaya, Chandra, dan Bilah Panai sejati, bisa juga dengan taksi-taksi travel yang sudah menjamur di medan, atau transportasi masal lain seperti kereta api untuk sampai di rantau prapat ibu kota kabupaten labuhan batu dan menempuh perjalanan ± 4 jam perjalanan dengan Bus Bilah Pane Sejati.kedua, perjalanan dengan transportasi laut bisa kita tempuh dengan melewati kota tanjung balai dan untuk sampai labuhan bilik bisa ditempuh dengan fery atau speed boad via sei berombang.
Gambar 4 : Aktivitas bongkar muat di dermaga sungai (tengkahan = pane) di kota labuhan bilik



Sewaktu saya berkunjung ke Puskesmas Model Labuhan Bilik, salah satu unit pelayanan pusat kesehatan masyarakat, saya menyempatkan untuk meminta data demografi, berikut data yang saya peroleh (Agustus, 2011):

a.Jumlah Penduduk di Wilayah Kecamatan Panai Tengah : 30,429 Jiwa, dan jumlah KK : 6.680.  
b.Desa-desa yang termasuk dalam wialayah Kecamatan Panai Tengah
  • Labuhan Bilik.
  • Sei.Merdeka.
  • Pasar Tiga.
  • Telaga Suka.
  • Sei.Nahodaris.
  • Sei.Rakyat.
  • Bagan Bilah.
  • Sei.Plancang.
  • Selat Beting.
  • Sei.Siarti
 c.Kecamatan Panai tengah berbatasan dengan :
  • Sebelah Utara berbatas dengan Kecamatan Panai Hilir.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan R i a u.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Bilah Hilir.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kampung Rakyat. 
d.Proporsi Mata Pencarian Penduduk Kecamatan Panai Tengah :
  • Petani : 75 %.
  • Nelayan : 15 %.
  • Buruh :  3 %.
  • PNS : 3 %.
  • Dll :   4 %.
e.Proporsi tingkat pendidikan masyarakat Kecamatan Panai Tengah:
  • Tidak Sekolah : 5 %.
  • Tamatan SD : 25 %.
  • Tamatan SMP : 45 %.
  • Tamatan SMU: 25 %.
f.Proporsi tingkat kepercayaan (agama) masyarakat Kecamatan Panai Tengah :
  • I s l a m : 82 %.
  • Kristen : 17 %.
  • Budha : 1 %.
  • Indhu  : -  %

10 komentar:

  1. sukses untukmu kawan,...
    salam Labuhan Bilik.

    BalasHapus
  2. Asslkum..
    makasi pak khairuddin nasution,
    salam labuhan bilik

    BalasHapus
  3. slam kenal saya tugas disana.

    BalasHapus
  4. Terimaksih telah berkunjung ke blog sederhana saya..
    bpk/ibu tgas dmna?

    BalasHapus
  5. Boleh saya berhubung sama kamu untuk mengetahui sejarah kerajaan panai ? Saya dri malaysia

    BalasHapus
  6. Boleh saya berhubung sama kamu untuk mengetahui sejarah kerajaan panai ? Saya dri malaysia

    BalasHapus
  7. Boleh saya mengetahui sejarah kerajaan panai dengan lebih detail ? Saya dri malaysia ingin mencari saudara yg berada di panai. Bagaimana boleh saya berhubung sama kamu

    BalasHapus
  8. Boleh saya mengetahui sejarah kerajaan panai dengan lebih detail ? Saya dri malaysia ingin mencari saudara yg berada di panai. Bagaimana boleh saya berhubung sama kamu

    BalasHapus
  9. Boleh saya mengetahui sejarah kerajaan panai dengan lebih detail ? Saya dri malaysia ingin mencari saudara yg berada di panai. Bagaimana boleh saya berhubung sama kamu

    BalasHapus
  10. apakah bapak lahir di malaysia ?
    Boleh, bapak bisa add facebook saya untuk menanyakan lebih jauh tentang labuhan Bilik. saya tak intens open my blog coz sibuk kerja.ini tutan facebook saya.
    https://www.facebook.com/hasibuan.ardhyy

    BalasHapus