Sabtu, 15 Desember 2012

Kesehatan Lingkungan,Pada Posisi Apa Saya Harus Melamar ?

Assalamualaikum & malam baik buat saudara J

Apa kabar rekan blogger? Semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Malam minggu, rada malas keluar,nanti ktemu macet lagi, cukup 1 hari ini sudah terpapar pencemaran udara ditambah bau nya angkot, hehehehe J

Malam minggu orang pada pacaran, taunya kita malah asyik baca dan tulis, kelewatan neh  . hehe  J
Malam ini topic kita tentang “posisi kerja”.

Dulu, seringkali kita (saya dan teman-teman kesehatan lingkungan) bingung bahkan tidak mengetahui posisi kita dalam perusahaan itu sebagai apa?, meskipun  kita tahu tugas poko dan fungsi kita.

Hal ini dulunya saya alami setelah saya lulus kuliah tahun 2011, dan seiring berjalannya waktu saya pun paham dan dalam hati keci; saya berkata “ saya harus berbagi buat teman yang membutuhkan” J

Ok lah, posisi tenaga kesehatan lingkungan yang akan kita bahas pada tulisan ini adalah posisi pekerjaan pada instansi swasta, bukan pada instansi pemerintahan J. Hal ini saya peroleh ketika interview atau bekerja freelance dengan teman2 baru di HSE Club Indonesia. Untuk belajar lebih lanjut, saudara sesame tenaga kesehatan lingkungan dapat pelajari di jobstreet, disana tersedia lowongan kerja dan dijelaskan secara rinci tugas dan fungsinya.

Thanks for HSE department General contractor, your support help to know who am I.

Saudara, pernahkah mendengar kata dibawah ini ?

HSE,EHS,SHE,QHSE,QA,QC,Hospitality,Housekeeping,Staf K3KL, dan Staf UKL & UPL,operator WWT (waste water treatment).

Itu adalah beberapa contoh departemen atau posisi tenaga Kesehatan lingkungan di Industri pangan, kimia,perkebunan,industri minyak dan gas,hotel,rumah sakit maupun transportasi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian dibawah ini.

1.Industri Pangan dan Kimia (Baik kimia dasar maupun kimia terapan)

Untuk industri pangan (makanan, minuman, obat dll) dan industri kimia posisi kesehatan lingkungan sering kali berada pada departemen HSE (Health, safety, and Environment) atau QHSE (Quality, Health, safety and Environment). Sebelum melamar, perhatikan dulu profil perusahaan, apakah dia sudah sertifikasi ISO 9001, 14000, 22000 dan lain sebagainya, hal tersebut memudahkan kita untuk melamar sebagai posisi apa. Posisi yang dapat kita lamar adalah sebagai berikut : staf QHSE,staf HSE, staf QC (Quality Control), staf QA (Quality Assurance) posisi ini biasanya terdapat pada perusahaan yang sudah sertifikasi ISO 22000.
2.Hotel, Rumah Sakit,Distributor dan perkantoran

Rumah sakit merupakan tempat umum yang wajib memiliki tenaga ahli keshatan lingkungan, karena hal ini sudah disahkan dalam permenkes 1204 tahun 2004. Untuk rumah sakit rumah sakit tipe A atau B, posisi tenaga kesehatan lingkungan dapat berada dibawwah bagian umum atau perlengkapan, juga dapat dibawah bagian khusu sanitasi/kesehatan lingkungan, atau dapat juga sebagai staf UKL & UPL jika rumah sakit tersebut sudah melaksanakan Amdal atau UKL UPL.

Untuk hotel, tenaga kesehatan lingkungan dapat bekerja pada posisi staf house keeping dan staf hospitality. Salah satu tugas tenaga kesehatan lingkungan yang ada di hotel yaitu melakukan pengawasan terhadap sisa klor dan pengawasan sanitasi makanan dan minuman.

Untuk distributor dan perkantoran umumnya tenaga kesehatan lingkungan dapat menempati posisi staf House Keeping dan warehouse (gudang).salah satu tugas dalam bidang distributor dan pergudangan adalah bagaimana tata letak dan alur barang da;am gudang, pengendalian hama, dan standart kesehatan gudang yang baik, tidak terlepas dalam aspek hygine indusri seperti ventilasi, penerangan dan lain sebagainya.

3.Perusahaan perkebunan, perusahaan tambang, minyak dan gas. Umumnya posisi tenaga kesehatan lingkungan berada pada department HSE atau departemen K3KL atau staf UKL UPL. Umumnya perusahaan ini sangat konsen terahap aspek lingkungan karena dalam proses produksinya semua kegiatan perusahaan dilkaukan pada lingkungan terbuka yang pada setiap 6 bulan atau setiap tahunnya akan bergulat dengan regulasi lingkungan seperti Amdal, UKL UPL. Poisisi yang dapat kita lamar adalah staf HSE, staf K3KL, staf UKL UPL.

Insyallah selanjutnya saya berencana menulis tentang kompetensi yang mungkin ditanya ketika kita sebagai tenaga kesehatan lingkungan interview diperusahaan-perusahaan tersebut, dan tentunta tidak lepas dari ilmu kesehatan lingkungan.

Salam Saudara, Salam Kesehatan Lingkungan J

4 komentar:

  1. Terimakasih pencerahannya.
    Saya butuh bgt nih buat tips memunculkan ide2 KTI *maklum maba... trus jga interview di instansi2 itu mohon diposting.
    Ohya, biasanya instansi gedhe itu menuntut karyawannya buat pinter bhs inggris gak ya?

    BalasHapus
  2. Terimakasih komentarnya pak.
    Bapak kuliah dimana? fakultas apa?
    kalau untuk company2 besar,bianya rekrutmen perushaan mensyaratkan kemmpuan bahasa inggris pak

    BalasHapus
  3. Susah ya cari kerja buat lulusan d3 kesling.. mau melamar diperusahaan2 harus ad pengalaman kerja min 2, 3 tahun.. sedangkan kita baru aja lulus.. smpe skrg blm dpt kerjaan lagi..

    BalasHapus