Jumat, 28 Desember 2012

Definisi Sanitarian (terbaru)

Definisi Sanitarian (terbaru)
by Sugeng Abdullah on Sunday, December 2, 2012 at 9:32am ·

Kolegium Kesling (Ketua :  DR Hening Darpito) :  Sanitarian adalah ahli kesehatan lingkungan yg melakukan pekerjaan pengendalian terhadap agen penyakit yang ada di air, udara, tanah, sampah dan makanan, serta pengendalian vektor penyakit dan faktor risiko lingkungan penyebab kecelakaan pada kawasan perumahan, tempat umum, tempat kerja, industri, transportasi dan matra yang berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

WHO: Kesehatan Lingkungan dikaitkan kepada faktor eksternal manusia yang berupa fisik, kimia, dan biologi serta semua faktor yang mempengaruhi perilaku.  Merupakan upaya pengkajian dan pengendalian faktor-faktor lingkungan yang berpotensi mempengaruhi kesehatan. Dimaksudkan untuk mencegah penyakit  dan menciptakan kondisi sehat yang terkait lingkungan. Difinisi ini tidak mencakup perilaku yang tidak terkait dengan lingkungan dan juga perilaku yang berkaitan dengan aspek lingkungan sosial dan budaya dan genetik

UU Kesehatan, 2009 Upaya  kesehatan  lingkungan  ditujukan  untuk  mewujudkan kualitas  lingkungan  yang  sehat,  baik  fisik,  kimia,  biologi, maupun  sosial  yang  memungkinkan  setiap  orang  mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar