Minggu, 20 Mei 2012

Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)

SCBA DAN BAGIANNYA

Teman, sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui apa sebenarnya SCBA itu. SCBA adalah alat bantu pernapasan untuk waktu tertentu sesuai dengan jumlah oksigen yang tersedia pada alat tersebut1. SCBA terdiri dari dari Tabung(botol) bertekanan udara masker dan peralatan-peralatan pembawa2.  SCBA diisi dengan udara bebas sebagai alat bantu pernapasan.

JENIS SCBA
Ada tiga macam SCBA,yaitu2 :
·      SCBA Rescue unit adalah SCBA yang digunakan sebagai alat bantu pernapasan pada waktu melakukan proses pertolongan/penyelamatan atau pada saat melakukan pekerjaan dilingkungan yang terkontaminasi gas berbahaya. Waktu optimal penggunaan SCBA jenis ini selama 30 menit.

·     SCBA work unit adalah jenis SCBA yang digunakan selama sekitar 10 menit, dan SCBA jenis ini dilengkapi alat penyambung uadara untuk botol-botol cadangan udara lainnya. Karena adanya penyambungan maka SCBA ini dapat digunkan lebih dari 30 menit.

·     SCBA Escape Unit adalah SCBA yang digunakan untuk membantu pernapasan pada waktu meninggalkan lokasi berbahaya menuju lokasi yang aman dengan waktu penggunaan 10 menit. SCBA ini sering digunakan untuk pertolongan korban yang telah terpapar bahan berbahaya pada saat evakuasi. SCBA ini sering disebut SCBA emergency.

PENGISIAN ULANG SCBA
Sahabat, penggunaan SCBA harus selalu dalam keadaan terkontrol yaitu pengguna harus memastikan bahwa kandungan udara dalam SCBA benar-benar cukup ketika melakukan pekerjaan. Apabila kandungan Udara dalam SCBA telah habis, pengisian dapat dilakukan dengan pengisian air breathing compressor bertekanan tinggi denga filter-filter khusu untuk menyaring udara dan mengurangi kandungan air2. Udara yang dihasilkan kompresor secara berkala harus dilakukan uji kandungan, untuk memastikan kondisi dan kandungan udara yang dihasilkan. Sama halnya dengan botol SCBA juga harus dilakukan hidro test untuk memastikan kondisi dan kekuatan botol terhadap tekanan.

Sahabat, Perlu diperhatikan dalam pengisian SCBA akan mengakibatkan botol menjadi panas, karena perubahan tekanan pada ruang tertutup akan berbanding lurus dengan perubahan suhu. Untuk itu harus dilakukan peredaman panas  dengan cara merendam botol pada saat pengisian. Hal ini dilakukan sebagai keselamatan kerja dan menupayakan suhu botol dalam keadaan stabil sehingga setelah pengisian dilakukan botol tetap dalam keadaan dingin.

PERHITUNGAN WAKTU PENGGUNAAN SCBA

Rumus pengunaan waktu SCBA sebagai berikut :

Waktu penggunaan = volume botol (liter) x preasure (bar) / 40 liter/menit

40 liter/menit adalah kebutuhan udara rata-rata seseorang pada saat bekerja berat.

Contoh :

bila diketahui volume botol 9 liter dan tekanan 300 bar, maka = 9 x 300 / 40 = 2700 / 40 = 67,5 menit

waktu penggunaan SCBA secara optimum adalah hasil perhitungan dikurangi 10 menit sebagai waktu sebelum pemakaian masker dan 10 menit waktu cadangan, sehingga dari contoh tersebut maka waktu optimumnya adalah 47,5 menit.

Sahabat, jia ada penjelasan yang kurang jelas  mari kita diskusikan untuk menambah bekal pengetahuan kita. Salam QHSE.!!

Referensi :

1.      Healthy safety protection
2.     H2S monitoring & safety ELNUSA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar