Minggu, 15 Januari 2012

Komunikasi Kesehatan

komunikasi kesehatan merupakan upaya sistematis yang secara positif mempengaruhi praktik-praktik kesehatan populasi-populasi besar. sasaran utama promosi kesehatan adalah melakukan perbaikan kesehatan yang berkaitan dengan praktik dan pada gilirannya status kesehatan. komunikasi kesehatan yang efektif merupakan suatu kombinasi antara seni dan ilmu. setidaknya salah satu dari kunci-kunci keberhasilan adalah penerapan metodologi komunikasi kesehatan yang ilmiah serta sistematis bagi masalah-masalah kesehatan masyarakat. meskipun strategi komunikasi pada suatu negara berbeda-beda, tetapi metodologi yang digunakan sama saja dan sama-sama penting bagi penyusunan program-program komunikasi yang mencerminkan  kebutuhan  dan konteks kultural di tiap-tiap negara. metodologi komunikasi meliputi lima langkah: penilaian, perencanaan,pre-test, penyampaian dan pemantauan (Rasmuson,Seidel,Smith & booth).
Komunikasi untuk komunitas Ibu PKK Desa Purba Tua Baru, dusun purba tua baru,Kabupaten Simalungun


Pendekatan komunikasi kesehatan diturunkan dari berbagai disiplin ilmu, meliputi pemasaran sosial, antropologi, analisis perilaku, periklanan, komunikasi, pendidikan serta ilmu-ilmu sosial yang lain. berbagai disiplin ilmu tersebut saling melengkapi, saling tukar-menukar prinsip dan teknik umum satu sama lain, sehingga masing-masing memberikan sumbangan yang unik bagi metodologi komunikasi kesehatan.

komunikasi kesehatan didefinisikan sebagai “modifikasi perilaku manusia serta faktor-faktor sosial yang berkaitan dengan perilaku,yang secara langsung maupun tidak langsung mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit atau melindungi individu-individu terhadap bahaya” (Elder,Geller, Hovell & Mayer,sedang dalam pencetakan). karena berakar pada bidang pendidikan dan penyuluhan kesehatan, maka komunikasi kesehatan sangat dipengaruhi oleh psikologi, komunikasi dan berbagai disiplin ilmu perilaku yang lain. hal-hal yang paling mendominasi di sini adalah teori-teori dan model-model perilaku kesehatan yang berbasis pada psikologi.
beberapa teori dan model perilaku kesehatan di  bidang promosi dan komunikasi kesehatan yaitu:
  1. model kepercayaan kesehatan(health belief model)
  2. model komunikasi /persuasi (communication/ persuation model)
  3. teori aksi beralasan (theory of reasoned action)
  4. model transteoritik (transtheoritical model)
  5. precede/proceed model
  6. model difusi inovasi (diffusions of inovations model)
  7. teori pemahaman sosial (social learning theory)
  8. analisis perilaku terapan (applied behaviour analysis)
sumber:edisi indonesia:komunikasi untuk kesehatan dan perubaha perilaku( original english edition: communication for health and behaviour change) ,oleh : JUDITH A. GRAEFF, JOHN P. ELDER dan ELIZABETH MILLS BOOTH, Gajah Mada University Press, 1996

Tidak ada komentar:

Posting Komentar