Sabtu, 21 Juni 2014

Sosialisasi HIV-AIDS dan TBC Bagi Masyarakat Pelabuhan Dumai

Kespel Dumai-Untuk mewujudkan masyarakat pelabuhan yang sehat dan mandiri, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai melakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan mengenai HIV-AIDS dan Tuberulosis (TBC) kepada masyarakat pelabuhan Dumai. Peserta sosialisasi ini berjumlah 120 orang yang meliputi agen pelayaran, Puskesmas, Dinas Kesehatan, serta RSUD Kota Dumai, Badan Narkotika Kota Dumai, CIQP Pelabuhan Dumai, Pemuka agama serta tokoh masyarakat disekitar pelabuhan Dumai.
Narasumber pada kegiatan ini adalah Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan KPA Kota Dumai. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakill Walikota Dumai yang juga merupakan Seketaris KPA Kota Dumai.  Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini berjalan atraktif, terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya kepada narasumer serta pemecahan masalah-masalah yang ditemui dilapangan baik oleh petugas kesehatan maupun agen pelayaran.
Peserta Sosialisasi HIV-AIDS dan TBC


Dalam sambutannya, Plh.Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai, Syafriwal, SKM mengajak seluruh masyarakat berperan serta mewujudkan masyarakat pelabuhan yang bebas dari HIV-AIDS serta TBC. Hal ini dapat dicapai dengan adanya kerja sama lintas sektoral yang baik, selain itu adanya pemberian informasi yang cepat dan akurat mengenai kasus HIV-AIDS dan TBC  yang disampaikan masyarakat kepada pihak kesehatan dapat menjadi langkah antisipasi menularnya penyakit tersebut. Diakhir sambutannya, Plh.Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai, mengajak seluruh agen pelayaran untuk bekerja sama dalam pencegahan HIV-AIDS, mengingat banyaknya Anak Buah Kapal (ABK) yang datang dari luar negeri maupun dalam negeri yang memasuki kota dumai yang merupakan faktor resiko terjadinya penularan HIV-AIDS.
Arahan Wakil Walikota Dumai selaku Seketaris KPA Kota Dumai



Diakhir kegiatan ini, Narasumber kembali menguatkan komitmen peserta untuk mencegah HIV-AIDS dan TBC dan membrikan reward kepada para penanya. Dan dalam kesempatan ini juga dilakukan pemeriksaan darah oleh klinik VCT RSUD Kota Dumai sebagai upaya deteksi dini penyakit HIV-AIDS. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar