Sabtu, 26 November 2011

Perkembangan Epidemiologi

I'm a Public Health
Epidemiologi,mungkin teman-teman saya di kes.lingkungan dulu sangat tidak suka dengan satu kata tersebut. apa pendapat mereka?? saya tidak suka epid karena bingung dan sma sekali tidak mengerti, saya tidak suka karena banyak hitung-hitungan yang sulit, dan banyak jawaban-jawaban lainnya yang membuat saya menjadi bingung sendiri. saya berpikir, ilmu kok ditakuti. Dari beberapa sumber, saya mencoba menulis tentang perkembangan epidemilogi dalam dunia kesehatan, dalam tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan perkembangan epidemilogi secara nyata dan sederhana. semoga tulisannya bermanfaat, jangan lupa di follow ya. salam kesehatan...



Sesuai dengan sejarah kelahirannya, epidemiologi memberikan perhatian terhadap penyakit yang menimpa penduduk. Penyakit yang banyak menimpa penduduk pada saat itu hingga akhir abad 19 adalah penyakit wabah atau epidemi (penyakit yang mengenai penduduk secara luas). Epidemiologi memberikan perhatian tentang epidemi yang banyak menelan korban kematian. 
Pada awal perkembangannya, epidemiologi mempunyai pengertian sempit. Epidemiologi dianggap sebagai ilmu tentang epidemi. Pada perkembangan selanjutnya hingga dewasa ini Epidemiologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang distribusi (penyebaran) dan determinan (faktor-faktor penentu) masalah kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menanggulangi masalah kesehatan. Dengan demikian, epidemiolgi tidak hanya mempelajari penyakit epidemi saja, tetapi menyangkut masalah kesehatan secara keseluruhan.

Epidemiologi sebagai suatu ilmu berkembang dari waktu ke waktu. Tantangan zaman dimana terjadi perubahan masalah dan perubahan pola penyakit. Dewasa ini telah terjadi perubahan pola penyakit ke arah penyakit tidak menular, dan epidemiologi tidak hanya dihadapkan dengan masalah penyakit semata tetapi hal-hal baik yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan penyakit, serta masalah kesehatan secara umum.

Peran epidemiologi di zaman dahulu adalah bagaimana seorang ahli epidemiologi mencegah atau memotong rantai penyakit yang disebabkan oleh infeksi suatu penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Sekarang, penyebab oleh infeksi sudah semakin jarang ditemukan tetapi berbanding terbalik dengan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh gaya hidup modern dan ketergantungan akan teknologi yang tinggi.

Epidemiologi modern saat ini lebih banyak berfokus pada penyakit kronis yang disebabkan oleh gaya hidup yang modern. Dahulu penyebab kematian yang sering terjadi adalah disebabkan oleh penyakit seperti Pneumonia, Tuberculosis, dan Diarrhea. Berbeda dengan sekarang yaitu, Heart Disease, Neoplasm, dan Cebrovascular yang lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang modern .

Perkembangan ilmu pengetahuan lainnya, seperti pengetahuan kedokteran klinik berkembang begitu pesat disamping perkembangan ilmu-ilmu lainnya seperti biostatistik, administrasi dan ilmu perilaku. Perkembangan ilmu-ilmu ini juga membuat ilmu epidemiologi semakin berkembang Namun demikian, sejarah epidemilogi tidak dapat dipisahkan dengan masa dimana manusia mulai mengenal penyakit menular. Walaupun pada saat ini sumber dan penyebab penyakit masih. Dengan demikian, terjadilah perubahan dan perkembangan dasar berpikir para ahli kesehatan masyarakat, khususnya epidemiologi dari masa ke masa sesuai dengan kondisi zaman dimana mereka berada. Sejarah Epidemiologi dapat diikuti dari teori yang berkembang dan kejadian penting oleh ahli-ahli Epidemiologi.

Sumber:
Epiders, 2011. Latar Belakang Perkembangan Epidemilogi. diakses dari
epiders.blogspot.com, November 2011.
http://qiuraisha.files.wordpress.com/2010/10/aboutepidemiology.jpg 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar