Selasa, 01 April 2014

ASTM dan ANSI



Hari senin, hari ini libur hari raya nyepi, menjelang berangkat kerja sambil menikmati secangkir teh dipagihari, sedikit ulasan tentang ASTM dan  ANSI tersaji buat teman-teman kesehatan lingkungan J
Seringkali dalam informasi lowongan yang tersedia untuk posisi HSE Officer, pelamar kerja dituntut untuk mengetahui, familiar atau minimal pernah baca tentang ASTM dan ANSI. Tentunya jika pelamar mengetahui ini akan menjadi nilai tambah bagi nya dalam proses rekrutmen nantinya.
Dalam ASTM dan ANSI terdapat standar-standar pekerjaan seorang HSE, sperti air, pencemaran lingkungan, bioteknologi, penilaian lingkungan, penanganan bahaya tumpahan minyak, pengelolaan limbah, perpiaan dan lain sebagainya.
ASTM (American Society for Testing and Materials) danANSI ( AMERICAN NATIONAL STANDARDS INSTITUTE ) merupakan standar teknik yaitu sekumpulan syarat yang harus dipenuhi oleh bahan, produk atau layanan. Jika produk, jasa atau layanan tidak memeuhi persyaratan yang berlaku, maka produk tersebut tidak diterima karena diluar spesifikasi yang diinginkan.
ASTM dan ANSI merupakan suatu badan standart amerika yang memperkuat pasar AS dalam ekonomi global sambil menjamin keselamatan dan kesehatan konsumen serta perlindungan lingkungan. Tentu kita mengetahui bagaimana CPO dari indonesia tidak diterima dipasar eropa dan amerika karena tidak ramah lingkungan, padahal perusahaan sawit dan CPO sudah melakukan manajemen lingkungan dengan ISO 14000 dan RSPO. ANSI dan ASTM juga ikut bekerja sama dalam akreditasi program yang secara global digunakan seperti ISO.
Salah satu contoh standart teknik adalah SNI ( Standart Nasional Indonesia ). SNI adalah satu – satunya standart yang berlaku secara nasional di Indonesia, dimana semua produk atau tata tertib pekerjaan harus memenuhi standart SNI ini.
Berikut ini ASTM dan ANSI yang berhubungan dengan lingkungan :
Section 11 – Water and Environmental Technology
  • Volume 11.01 Water (I)
  • Volume 11.02 Water (II)
  • Volume 11.03 Atmospheric Analysis; Occupational Health and Safety; Protective Clothing
  • Volume 11.03 Atmospheric Analysis; Occupational Health and Safety; Protective Clothing
  • Volume 11.04 Waste Management
  • Volume 11.05 Pesticides; Environmental Assessment; Hazardous Substances and Oil Spill Responses
  • Volume 11.06 Biological Effects and Environmental Fate; Biotechnology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar