Sabtu, 30 April 2011

KLINIK SANITASI

I.    PELAYANAN KLINIK SANITASI DI PUSKESMAS
1.TUJUAN    
Sebagai Pedoman kerja bagi petugas dalam memberikan pelayanan Klinik Sanitasi di  Puskesmas Banjarangkan II.
1.  SASARAN            :
Petugas Klinik Sanitasi dalam memberikan pelayanan Klinik Sanitasi.
2.  URAIAN UMUM  :
a.     Penerimaan Pasien dari loket pendaftaran / Ruang Pengobatan.
b.     Wawancara terhadap pasien  ( Identitas pribadi dan anggota keluarga, masalah yang sedang dihadapi / yang mau dikonsulkan, keadaan lingkungan dan rumah tempat tinggal ).
c.      Konseling / penyuluhan.
d.     Pencatatan dan pelaporan.
3.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN      :
a.                      Petugas menerima pasien dari loket pendaftaran / Ruang Pengobatan.
b.                      Petugas melakukan wawncara terhadap passien        meliputi :
                                          i.    Identitas pribadi dan anggota keluarga.
                                        ii.    Masalah yang sedang dihadapi / yang mau dikonsulkan.
                                       iii.    Keadaan lingkungan tempat tinggal ( Sarana Air Bersih, Jamban Keluarga, Tempat pembuangan / pengelolaan sampah, TTU, TPM, dll ).
                                       iv.    Keadaan rumah tempat tinggal ( lantai, dinding, atap, luas ruangan, pencahayaan, ventilasi )
c.      Petugas bersama pasien melakukan analisa masalah yang dihadapi pasien.
d.     Petugas melakukan konseling dan penyuluhan atas masalah yang dihadapi pasien.
e.     Petugas memberikan alternatif pemecahan masalah dan mendiskusikannya dengan pasien alternatif mana yang bisa dikerjakan pasien yang diputuskan sendiri oleh pasien.
f.       Petugas bersedia melakukan kunjungan rumah bila diperlukan pasien / masyarakat.
g.     Petugas melakukan pencatatan hasil pelayanan klinik sanitasi yang telah dilakukannya.
h.     Petugas membuat laporan kegiatan sesuai dengan kebutuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar